Sabtu, 15 Juli 2017

10 Tips Membangun Bisnis Sambil Bekerja Untuk Karyawan

PeaceKeeper Online |

Tips Membangun Bisnis Sambil Bekerja - Idealnya dalam membangun sebuah urusan ekonomi dilakukan secara total dan fokus. Sehingga seluruh pengelolaan berikut administrasi urusan ekonomi dapat diatur dengan baik. Hal ini bisa saja benar. Namun bukan berarti seseorang yang telah memiliki pekerjaan tidak bisa fokus dan totalitas dalam berbisnis.

Banyak pengusaha yang sukses berbisnis meski dirinya masih menjadi karyawan di sebuah perusahaan. Bahkan diantaranya bisa berkembang melebihi perusahaan dimana ia bekerja. Hal yang perlu banyak perhatian yaitu bagaimana mengelola waktu antara berbisnis sendiri dan menjadi karyawan.

10 Tips Membangun Bisnis Sambil Bekerja Untuk Karyawan

Keuntungan Berbisnis Sambil Tetap Bekerja
Patut dipelajari , mengapa banyak karyawan yang tetap bekerja namun juga memiliki perjuangan sendiri tanpa kehilangan pekerjaanya. Ternyata mereka bisa menerima keuntungan dan manfaat mirip berikut ini.

- Menambah penghasilan dan berpeluang untuk mencapai kebebasan financial dari pemasukan gaji dan keuntungan bisnis.
- Resiko lebih kecil , karena jikalau suatu ketika terjadi PHK , maka akan segera beralih kepada urusan ekonomi yang telah dibangunnya.
- Sarana uji coba sebelum benar-benar mengalihkan fokusnya ke dunia bisnis.
- Memperbanyak sahabat dan rekan-rekan urusan ekonomi baru.
- Membangun jaringan dengan orang-orang yang memiliki profesi urusan ekonomi yang sama.
- Mendapatkan skill dan kreatifitas baru dalam berbisnis.

Itulah beberapa manfaat berbisnis sambil bekerja yang bisa Anda dapatkan. Bagaimana menarik bukan? Nah , bagi Anda yang ingin membangun urusan ekonomi sambil bekerja , simak panduannya dalam tips yang seribupeluang bagikan berikut ini.

10 Panduan Sukses Berbisnis Sambil Bekerja


1. Memilih Bisnis Yang Tepat

Bagi karyawan fulltime memang akan menemui kesulitan jikalau harus membuka urusan ekonomi sendiri. Intensitas pekerjaan kantor yang padat menjadi salah satu alasannya. Bahkan jikalau dipaksakan , justru menjadi bumerang bagi pekerjaan utamanya. Alih-alih membangun perjuangan sambil bekerja , justru bisa kehilangan kedua-duanya. Maka , pilihan kerja part time atau paruh waktu yaitu pertimbangan yang tepat bagi karyawan.

2. Hindari Pemakaian Modal Besar

Berbisnis sambil bekerja memang dituntut untuk mengelola modal dengan benar. Apalagi Anda yang baru memulai bisnis. Salah dalam pemakaian modal , sementara lika-liku urusan ekonomi begitu paham , yang didapatkan justru kerugian. Ditambah lagi waktu pengelolaan urusan ekonomi juga terbatas. Maka memulai urusan ekonomi dengan modal yang tidak terlalu besar yaitu pertimbangan tepat.

3. Ukur Kemampuan Diri

Membuat keputusan untuk berbisnis sambil bekerja tidak sesulit ketika melakoninya. Maka bijaklah sebelum benar-benar terjun dalam dunia bisnis. Ukur kemampuan diri. Sejauh mana Anda bisa membangun urusan ekonomi dalam segala pernak-perniknya sambil tetap bekerja.

Ukur pula bagaimana kemampuan keuangan Anda. Paling tidak , ada pemasukan rutin tiap bulan yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Ukur pula kekuatan modal dan cara mendapatkannya. Apakah dari akumulasi gaji atau melalui pinjaman ke pihak lain.

4. Pahami Kontrak Kerja

Ada baiknya Anda membaca ulang kontrak kerja di perusahaan Anda. Sebagaimana ketat acara kantor dan kapan waktu liburnya. Hal ini bertujuan untuk memastikan adanya sela-sela waktu yang dapat digunakan untuk acara lain , termasuk membangun urusan ekonomi sendiri. Selain itu , ada baiknya tidak membuat urusan ekonomi yang mirip dengan pekerjaan utama , karena bisa dianggap kompetitor. Atau pada kesempatan lain , justru urusan ekonomi Anda diklaim oleh perusahaan daerah Anda bekerja.

5. Jaga Reputasi

Anda harus paham , meski Anda memiliki perjuangan sendiri , namun Anda tetaplah seorang karyawan yang mungkin memiliki atasan atau orang yang memegang jabatan yang telah memberi pekerjaan dan gaji kepada Anda. Maka bersikaplah hormat dan tetap menjaga kredibilitas pekerjaan semoga reputasi di kantor tetap baik.

6. Disiplin

Memiliki urusan ekonomi sendiri sementara masih tetap bekerja diharapkan fokus dan disiplin. Kedua pekerjaan menanti untuk diselesaikan dengan sempurna. Kebanyakan karyawan yang memiliki urusan ekonomi sendiri gagal karena tidak bisa membagi waktu dengan baik. Di sela-sela pekerjaan kantor sibuk dengan bisnisnya sendiri. Akhirnya keduanya tidak bisa selesai. Untuk itu kedisiplinan wajib dinomor satukan bagi Anda yang berbisnis sambil tetap bekerja.

7. Buat Jadwal Berkala

Anda bisa membuat jadwal terpola tiap hari , tiap pekan dan seterusnya. Sinkronkan antara waktu pekerjaan kantor dan urusan bisnis. Hindari terjadi benturan diantara keduanya semoga bisa fokus dalam mengerjakannya. Anda bisa mengaturnya setelah pulang kantor , di waktu malam , sesudah subuh sampai sebelum berangkat ke kantor atau di waktu lainnya.

Misalnya , Anda bisa memanfaatkan waktu libur atau weekend untuk mengurusi bisnis. Anda bisa mengecek sekaligus menyiapkan segala hal yang diharapkan selama seminggu ke depan. Bisa pula Anda gunakan untuk menemui klien-klien di hari libur.

8. Siapkan Orang Kepercayaan

Agar terdapat stabilitas antara pekerjaan utama dan urusan ekonomi berjalan dengan baik , Anda bisa menunjuk orang yang Anda percaya untuk mengelola bisnis. Misalnya Anda tunjuk sebagai manajer. Bisa pula merekrut admin , pramuniaga dan kasir untuk tetap membuat urusan ekonomi Anda berjalan sesuai yang Anda harapkan.

9. Perizinan Bisnis

Seperti halnya urusan ekonomi pada umumnya , sebaiknya Anda memakai legal urusan ekonomi mirip pajak , asuransi dan sebagainya demi kelancaran urusan ekonomi dan perlindungan perjuangan secara hukum.

10. Media Pembelajaran

Saat menjadi karyawan , Anda dapat belajar bagaimana cara mengelola urusan ekonomi di daerah Anda bekerja. Bagaimana cara menjadi bos yang baik. Bagaimana cara mengelola karyawan dan sebagainya. Gunakan waktu sebaik-baiknya ketika dipertemukan dengan orang-orang sukses atau kolega perusahaan ternama untuk sekedar bertanya.
Baca Juga : 9 Tips Memaksimalkan Linkedin Untuk Meledakkan Bisnis
Kesuksesan seseorang yaitu hasil dari akumulasi sikap semangat , kesepakatan , fokus dan kesabaran. Kesuksesan tidak hadir begitu saja. Kesuksesan perlu diperjuangkan. Kesuksesan juga butuh sikap seseorang yang memang pantas menempuh jalur sukses tersebut. Demikian artikel perihal panduan sukses membangun urusan ekonomi sambil bekerja sebagai karyawan. Jika orang lain bisa , kenapa Anda tidak? Tetaplah semangat dan jangan berhenti berkarya. Cukup sekian semoga bermanfaat untuk kita semua tumpuan Tips membangun urusan ekonomi sambil bekerja.

10 Tips Membangun Bisnis Sambil Bekerja Untuk Karyawan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jez