Latest News

6 Cara Membuat Baterai iOS 8 Bertahan Lama


Jika kita sudah mendapatkan kesempatan untuk update ke iOS 8. Tentu kita sudah mulai memilih-milih, kira-kira fitur baru yang mana saja yang akan benar-benar dipasang. Tidak diragukan lagi bahwa iOS 8 dilengkapi secara bersamaan dengan beberapa fitur baru yang sangat keren.

Terjadi perubahan yang mencolok pada Apple Mail App, Widgets, interactive notification yang membuat kita bisa membalas pesan dengan cepat, tanpa harus meninggalkan screen yang sedang terbuka. Dan fitur yang disebut “continuity” yang menjadi lebih sempurna bagi user yang juga mempunyai computer Mac. Sayangnya, fitur yang menarik ini membutuhkan lebih banyak tenaga baterai.

Kenyataannya, banyak user berkata bahwa dengan operating system yang baru ini, baterai iPhone akan habis lebih cepat dibandingkan iPhone 6 atau 6 Plus.

Kabar gembiranya, ada beberapa cara yang mudah untuk mengurangi penggunaan baterai – yang akan membuat anda tetap bisa menikmati semua fitur baru yang anda suka pada iOS 8. Bahkan tips yang bermanfaat ini akan tetap relevan bagi pengguna iPhone 6 atau iPhone 6 Plus.

1. Temukan Aplikasi Yang Boros

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari aplikasi mana yang paling menguras baterai anda. Kabar baiknya adalah sebenarnya iOS 8 menyediakan fitur built-in yang bisa membantu anda – ini adalah alat yang menyediakan presentasi penggunaan resource pada iPhone anda.

Untuk mengetahui aplikasi mana yang harus anda tutup ketika tidak sedang digunakan, pilih Settings>>General>>Usage>>Battery Usage. Disini anda akan menemukan aplikasi boros yang sebenarnya. Jika anda tidak sedang menggunakannya, atau membutuhkannya, langsung saja di shut down.

2. Matikan Parallax

Apa itu Parallax? Pertanyaan bagus!
Parallax sebenarnya hanyalah effect yang menyebabkan icon anda “melayang” di atas background.
Berikut adalah gambar icon yang melayang diatas gambar background

Dan seperti halnya pada iOS 7, software Apple terbaru juga demikian. Untuk mematikannya, pilih Settings>>General>>Accessibility dan kemudian atur Reduce Motion menjadi "On."

3.  Atur Background App Refresh

The Background App Refresh lets apps run in the background while you multitask. It continually refreshes when running on Wi-Fi or a cellular network. And while this feature does come in handy, it is certainly not worth the battery it sacrifices in the process.
Background App Refresh membuat aplikasi berjalan pada backround pada saat multitask. Aplikasi ini secara terus menerus merefresh ketika anda menggunakan Wi-Fi atau cellular network.
Jadi bagaimana? Apakah anda membutuhkannya?
Jika tidak, ini cara menghilangkannya: pilih Settings>>General>>Background App Refresh. Yang sangat menyenangkan adalah anda memiliki pilihan untuk turn off fungsi secara keseluruhan atau hanya di satu aplikasi saja.

4. Kurangi Penggunaan Widget

Benar sekali. Ada pengurasan baterai yang sangat banyak dalam penggunaan widget. Bisa anda lihat, beberapa widget ini secara teratur melakukan update dan setiap kali ini terjadi, baterai anda akan sedikit terkuras. Kami tidak menyarankan anda untuk berhenti memakai widget ini.

Namun lami akan memberitahu cara memilih widget yang benar-benar anda ingin gunakan dan buang yang tidak anda gunakan. Untuk melakukannya, cukup klik menu Edit pada bagian bawah screen today. Dan pilih widget yang ingin anda nonaktifkan.

5. Hentikan Pencarian Wi-Fi Otomatis

Apakah anda tahu ketika Wi-Fi diatur pada "Ask to Join Networks," iPhone anda sebenarnya terus mencari network baru yang mengurangi kekuatan baterai?

Jika hal ini sangat penting, biarkan saja. Ini berlaku untuk semua fungsi yang telah kami paparkan sebelumnya. Jika anda sangat membutuhkan atau menginginkannya, simpan saja. Cukup fokus pada solusi penghematan baterai lainnya, yang tidak menyediakan fitur yang paling anda butuhkan.

Sebenarnya dalam hampir setiap keadaan, mungkin tidak ada gunaanya membuat iPhone anda melakukan pencarian Wi-Fi secara nonstop dan menguras baterai anda,  ketika di sekitar anda tidak ada network yang bisa dipercaya. Maka dari itu, hematlah sejumlah baterai yang bisa anda gunakan untuk hal lain, dengan cara mematikan Wi-Fi melalui Control Center ketika anda meninggalkan rumah.

Atau lebih bagus lagi, pilih Settings>>Wi-Fi and ubah "Ask to Join Networks" menjadi off. Jika sudah, iPhone anda akan langsung memilih network Wi-Fi yang sudah diketahui – tetapi tidak akan mencari yang baru (kecuali jika anda suruh). Ini adalah solusi yang bermanfaat.

6. Mematikan auto-brightness

Kami tahu bahwa ini mungkin mengejutkan, tapi tampilan cahaya layar anda sangat menguras baterai. Dalam banyak kasus, Auto-Brightness membuat iPhone anda jauh lebih terang dari yang anda butuhkan. Sedikit tidak masuk akal kan?
Anda dapat mengaturnya sesuai dengan yang anda butuhkan.
Pilih saja Settings>>Wallpapers & Brightness

Kesimpulan

Kami tentunya berharap tips-tips diatas dapat membantu anda dalam menghemat baterai. Dan jangan sungkan. Saya ingin mengetahui yang mana yang paling cocok untuk anda, jadi jangan ragu untuk memberikan saya pesan pada comment di bawah ini