Latest News

Tips Membangun Loyalitas Pelanggan untuk Kesuksesan Bisnis

PeaceKeeper Online |
Tips Bagaimana Membangun Loyalitas Pelanggan - Parameter kesuksesan urusan ekonomi bukan hanya terletak pada bagaimana meraih keuntungan yang besar dengan menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya. Namun lebih dari itu semua , bahwa kepuasan pelanggan juga tidak mampu dipandang sebelah mata. Sebab mereka yaitu asset potensial untuk perkembangan sebuah bisnis.

Kesan posisif dari pelanggan berupa kepuasan produk , jasa dan layanan yang diberikan , merupakan hal penting guna menjaga urusan ekonomi Anda. Mereka akan mudah bertransaksi kembali di lain waktu dan semakin loyal terhadap setiap penawaran yang diberikan. Dampak terbesarnya yaitu testimoni kepuasan yang mereka rasakan berbuah viral di tengah-tengah masyarakat. Kemudian menjadi senjata yang berkhasiat untuk kesuksesan bisnis.

Tips Membangun Loyalitas Pelanggan untuk Kesuksesan Bisnis

Maka urusan ekonomi memiliki dua arah yang harus diperhatikan seksama. Arah pertama yakni sebelum tranksaksi terjadi. Dimana layanan marketing menyampaikan informasi terkait produk kepada pelanggan dengan sebaik-baiknya , sehingga balasannya pelanggan percaya dan mau membelinya. Arah kedua yaitu sesudah transaksi. Dimana layanan yang diberikan fokus pada kenyamanan pelanggan setelah mereka membeli produk yang ditawarkan sebelumnya. Sehingga tercipta pelanggan yang loyalis terhadap sebuah bisnis.

Selengkapnya , Anda dapat menyimak ulasan bagaimana cara membangun loyalitas pelanggan yang sempurna bagi kesuksesan urusan ekonomi Anda.

Tips Bagaimana Membangun Loyalitas Pelanggan


1. Tetap Melakukan Komunikasi Secara Personal

Komunikasi dapat mempererat kekerabatan menjadi lebih hangat dan dekat. Untuk itu , gunakan media apapun untuk tetap menjalin komunikasi dengan pelanggan. Komunikasi mampu dilakukan melalui online mirip email , inbox di media umum , kontak BBM dan lainnya. Anda dapat pula memanfaatkan hari libur untuk sekedar ‘say hello’ kepada mereka dengan mengunjungi secara langsung. Misalnya berkunjung di rumah , bersua di daerah usahanya atau melaksanakan hobi secara bersama. Kehangatan mirip ini akan menyampaikan kesan positif bagi pelanggan pada pribadi dan urusan ekonomi Anda.

2. Mudahkan Pelanggan Untuk Mengetahui Bisnis Anda

Jalin kekerabatan urusan ekonomi dengan melaksanakan kontak personal akan membuat pelanggan lebih dihargai. Sampaikan informasi mengenai produk terkait yang pernah mereka beli sebelumnya , menyampaikan promo produk , memberitahukan adanya produk terbaru dan terlaris baik melalui newsletter atau kontak secara langsung.

3. Mempererat Komunikasi Melalui Acara Spesial

Hari-hari spesial biasanya mudah memberi kesan yang berarti. Anda dapat memanfaatkannya untuk menjalin kedekatan dengan pelanggan. Seperti mengirim kartu ucapan ulang tahun , kirim kartu hari raya , mengucapkan selamat atas kelahiran , ikut mendatangi ajakan pernikahannya kalau memang diundang , atau bahkan mampu pula member hadiah spesial tertentu lainnya.

4. Memperbaiki Layanan Pelanggan

Tidak dapat dipungkiri , bahwa pelayanan juga faktor utama pertumbuhan sebuah bisnis. Dalam rangka menjaga loyalitas pelanggan , Anda dapat menyediakan costumer care untuk layanan after sales bagi pelanggan yang pernah bertransaksi. Layanan ini dapat dimanfaatkan untuk menanggapi setiap kesulitan dan keluhan yang dirasakan oleh pelanggan. Prinsip respon cepat dan tanggap tetap diutamakan demi menjaga urusan ekonomi yang lebih baik.                                              

5. Berikan Keunggulan Dibanding Bisnis Lain

Dalam urusan ekonomi apapun , unsur keunggulan produk , jasa dan layanan yang ditawarkan akan cepat menerima daerah bagi pelanggan. Mereka cenderung lebih memilih urusan ekonomi yang memiliki keistimewaan sendiri dibandingkan dengan urusan ekonomi lain yang serupa. Keunggulan yang dapat dimunculkan dapat berupa volume lebih banyak , harga murah dan selalu berdiskon , rasa lebih enak , kemasan menarik , fitur lebih lengkap , layanan gratis ongkos kirim dan sebagainya.

6. Selalu Berinovasi

Berawal dari kecenderungan insan yang tidak mudah puas akan kebutuhan yang ada , maka tuntutan hadirnya produk dan layanan yang terus update makin diminati. Update tersebut dapat berupa inovasi terkait produk , layanan maupun cara berkomunikasi dengan pelanggan.

7. Menciptakan Varian Baru

Strategi pengembangan produk juga mampu dilakukan dengan cara menghadirkan varian baru pada produk yang sudah ada. Hal ini sebagai upaya untuk mengantisipasi kebosanan pelanggan pada suatu produk. Strategi mirip ini berhasil dilakukan oleh perusahaan besar guna mempertahankan pelanggan. Dampaknya , banyak pelanggan yang selalu menanti-nanti varian terbaru pada sebuah brand produk tertentu. Anda mampu melihat bagaimana urusan ekonomi smartphone dapat terus berkembang balasan dari munculnya varian-varian baru yang lebih fresh dari sebelumnya.

8. Lakukan Program-promosi Secara Berkala

Bagaimana cara membangun loyalitas konsumen lainnya yaitu dengan cara membuat aktivitas promosi secara terjadwal , mirip setiap tahun sekali , setiap perayaan hari raya , atau dapat pula setiap ada event tertentu. Diskon , paket pembelian , voucher pembelian , penukaran poin dan sebagainya dapat dilakukan untuk mempertahankan pelanggan dalam menjaga urusan ekonomi terus berjalan.

9. Menawarkan Program Menarik Bagi Pelanggan

Anda mampu membuat aktivitas khusus sebagai member. Kemudian berikan insentif yang menarik setiap mereka melaksanakan pembelian. Misalnya potongan harga bagi pembeli yang memiliki kartu member , atau pemberian poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah tertentu atau bonus bagi setiap member yang melaksanakan transaksi dalam jumlah besar.

10. Menciptakan Peluang Yang Saling Menguntungkan

Salah satu cara efektif semoga tetap terjalin komunikasi dan transaksi dengan pelanggan yaitu dengan mengajak mereka menjadi reseller. Tawarkan peluang urusan ekonomi ini kepada pelanggan setia Anda. Sampaikanlah maksud , tujuan dan keuntungan yang didapatkan. Strategi yang sangat menarik sekali untuk diterapkan. Sebab melalui cara ini , kemungkinan besar , mereka akan selalu melaksanakan pembelian secara berulang-ulang sesuai penjualan yang mereka lakukan. Jangan lupa pula , berikan reward bagi pelanggan yang berhasil memasarkan produk dalam jumlah tertentu.

Pada kenyataannya , setiap urusan ekonomi memang tidak mampu dilepaskan dari pelanggan. Sebab dari merekalah hadirnya keuntungan. Sehingga , wajib hukumnya bagi urusan ekonomi apapun untuk tetap memperhatikan dan mempertahankannya guna menjaga urusan ekonomi tetap berjalan dengan baik. Terlebih lagi , merekalah sebenarnya yang membuat urusan ekonomi Anda makin berkembang , dan terus berkembang sampai meraih kesuksesan.
Baca Juga : 9 Tips Sukses Memulai Usaha Jualan Jus Buah di Pinggir Jalan
Itulah beberapa tips yang mampu Anda coba untuk membangun loyalitas pelanggan demi kesuksesan urusan ekonomi Anda. Cukup sekian yang dapat kami bagikan , semoga informasi ini mampu bermanfaat. Jangan lupa bagikan artikel ini kalau memang bermanfaat. Terimakasih sudah membaca ulasan Tips Membangun Loyalitas Pelanggan.