Sabtu, 15 Juli 2017

Tips Bagaimana Mencegah dan Menghindari Kerugian Usaha

PeaceKeeper Online |

Tips Bagaimana Mencegah Kerugian Usaha - Selamat datang pembaca yang budiman di manapun anda berada , di kesempatan kali ini seribupeluang ingin membuatkan artikel yang membahas beberapa tips bagaimana mencegah suatu perjuangan yang telah kita jalankan supaya tidak mengalami yang namanya kerugian. Kerugian merupakan hal yang menjadi momok para wirausaha baik perjuangan skala kecil maupun perjuangan besar semacam pabrik. Kerugian tidak hanya di alami oleh pemula yang baru mengenal dunia perjuangan saja , juga sangat banyak pengusaha yang sudah sukses namun di tengah jalan mengalami kerugian.

Hal tersebut sebenarnya wajar hanya saja banyak orang yang takut rugi dan inginnya untung terus. Kerugian memang hal yang wajar sebenarnya , alasannya ialah sebagai insan biasa kita tentu tidak mampu sepenuhnya maksimal dalam menjalankan usaha , pasti ada saja kesalahan baik yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja. Kesalahan sedikit saja di dalam dunia perjuangan mampu mengakibatkan kerugian , terutama kerugian dalam hal materi atau uang. Ini yang menjadi momok para wirausaha selama ini dan menjadi hal yang paling di hindari , apalagi jikalau hingga mengakibatkan kerugian yang besar hingga berujung kebangkrutan.

Mencegah dan Menghindari Kerugian Usaha

Ketika kita mengalami kerugian di dalam usaha , pasti hal tersebut secara tidak pribadi berpengaruh terhadap mental kita , mental akan menurun dan gundah bahkan tidak tahu apa yang harus di lakukan. Padahal dikala kita mengalami kerugian , disitulah kita tahu apa sebenarnya problem yang terjadi sampai-sampai perjuangan atau urusan ekonomi kita mengalami kerugian dan di situlah kita ambil hikmahnya untuk memperbaiki serta terus berusaha kembali membangung usaha.

Dengan kata lain kerugian mampu menjadi pengalaman yang sangat berharga kedepannya dan mampu menjadi pelajaran dalam merintis dunia usaha. Langsung saja ini dia beberapa tips menghindari kerugian bisnis yang mana mungkin menjadi tumpuan bermanfaat bagi pembaca semua.

Tips Bagaimana Mencegah Kerugian/Kebangkrutan Usaha


1. Manejemen Keuangan Yang Benar

Dalam suatu perjuangan perlu adanya administrasi yang benar , dalam hal ini anda harus mencari karyawan yang kompeten dalam bidangnya supaya mampu menjalankan tugasnya dengan benar. Namun apabila perjuangan anda tergolong perjuangan skala kecil , maka anda mampu memanajemen sendiri keuangan perjuangan anda. Yang paling penting dan menjadi inti di dalam administrasi keuangan ialah Operasional , Modal , Keuntungan , Biaya Sewa , Peralatan , Perlengkapan dan lain sebagainya. Dengan memiliki rincian yang mendetail maka kita mampu mendeteksi dari awal jikalau ada potensi mengalami kerugian , dengan hal tersebut kita mampu menghindarinya sedini mungkin.

Dengan adanya administrasi keunangan yang benar , kita mampu mengetahui perjalanan keuangan perjuangan kita , terutama keuntungan atau laba yang kita dapatkan setiap bulannya. Karena dengan rincian yang terperinci , kita mampu menghindari pemakaian uang yang tidak terlalu penting bahkan mampu meminimalisir kerugian alasannya ialah kesalahan dari karyawan atau pencatatan.

2. Menyiapkan Anggaran Tidak Terduga

Banyak yang terlena dikala perjuangan atau urusan ekonomi tersebut berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan yang terus-menerus. Sering kali para wirausaha mengabaikan jikalau perjalanan ke depan tidak pernah terduga dan mampu saja terjadi kendala atau problem serius terhadap perkembangan usaha. Dimana untuk mengatasi kendala tersebut di butuhkan biaya yang tidak sedikit atau bahkan sangat besar jumlahnya. Kita terlalu terlena dengan keuntungan yang di dapatkan sekarang dan sibuk mengurus perjuangan yang sekarang tanpa memikirkan kendala yang akan di hadapi baik di dalam perusahaan/usaha maupun keperluan yang bersifat pribadi. Karena sebagai insan kita tidak tahu apa yang akan terjadi di keesokan harinya.

Maka dari itu apabila sekarang kita berada di kondisi maksimal dengan keuntungan atau laba yang mengalir setiap bulannya , kita jangan hingga terlena , kita harus menyiapkan anggaran tidak terduga untuk meminimalisir beberapa hal yang tidak kita inginkan terutama kerugian.

3. Kalkulasi Harga Jual Sedetail Mungkin

Apabila kita memiliki perjuangan yang berjalan dalam memproduksi suatu produk , maka hal yang sangat penting ialah mengkalkulasi harga jual produk dengan sedetail mungkin. Intinya barang yang kita jual kepada konsumen tidak merugikan kita. Karena jikalau kita melihat kondisi yang ada di pasar , barang dengan harga selangit tidak diminati , masyarakat lebih memilih produk yang sama dengan harga yang lebih murah. Inilah yang menjadi dilema dan perlu di perhatikan betul.

Seringkali kita menganggap biaya kecil tidak terlalu berpengaruh terhadap keuangan perjuangan , misalnya biaya kecil mirip listrik , bahan bakar kendaraan , biaya operasional parkir dan lain sebagainya. Sehingga kita menjual suatu produk dengan harga yang terlalu murah. Memang tidak salah , namun untuk menjaga kestabilan keuangan perjuangan , kita harus pintar-pintar mengkalkulasi berapa harga produk yang pantas , dimana harga mampu di terima konsumen dan kita.

4. Manajemen Usaha Yang Benar

Tips terakhir ini sangat penting dan hampir meliputi semua aspek di dalam usaha. Ilmu administrasi memang harus di terapkan dengan benar dalam merintis perjuangan , terlebih jikalau perjuangan tersebut sudah masuk dalam kategori perjuangan menengah ke atas , tanpa ilmu administrasi terutama administrasi keuangan yang baik , bisa-bisa kerugian menghampiri kita. Manajemen perjuangan juga sangat banyak macamnya , mulai dari memanajenem karyawan , modal , keuntungan , bahan baku dan lain sebagainya.

Melihat hal tersebut pastikan anda mencari karyawan yang sesuai dengan bidangnya , misalnya saja di bidang keuangan , maka anda harus mencari akuntan yang berkompeten. Intinya dengan administrasi yang benar dan sempurna , suatu perjuangan akan berjalan sebagaimana mestinya.
Baca Juga : 5 Peluang Bisnis Di Akhir Tahun 2015 Yang Menguntungkan
Ilmu administrasi memang sangat penting di pelajari bagi wirausaha , alasannya ialah ilmu administrasi sangat komplek dan mendalami dunia usaha. Suatu urusan ekonomi atau perjuangan tanpa di barengi dengan administrasi yang sempurna maka akan sulit berkembang , namun sebaliknya dengan administrasi yang benar , urusan ekonomi akan lancar dan cepat berkembang. Kami rasa cukup sekian yang dapat kami bagikan , semoga saja artikel kali ini bermanfaat bagi pembaca semua , terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami yang berjudul Tips Mencegah Kerugian Dalam Berbisnis.

Tips Bagaimana Mencegah dan Menghindari Kerugian Usaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jez