Sabtu, 15 Juli 2017

9 Tips Sukses Memulai Usaha Jualan Jus Buah di Pinggir Jalan

PeaceKeeper Online |

9 Cara Sukses Usaha Jualan Jus - Usaha di bidang masakan memang sangat potensial untuk di jalankan , tak heran jikalau kebanyakan perjuangan di dunia perjuangan yaitu perjuangan di bidang kuliner. Mulai dari menjual makanan , minuman , kudapan manis , makanan ringan , es cream dan lain sebagainya. Tak perlu jauh-jauh , di sekitar rumah kita saja pasti aneka macam perjuangan masakan contohnya perjuangan bakso yang memang mudah di temui di pelosok negeri. Kesimpulannya perjuangan di bidang masakan memang sangat menjanjikan mengingat masakan atau makanan merupakan kebutuhkan pokok bagi makhluk hidup.

Salah satu usaha masakan minuman yang populer belakangan ini yaitu jus buah. Alasan mengapa jus buah banyak di cari alasannya yaitu dikala ini sudah banyak orang yang sadar apabila minuman instan yang banyak di jual di toko-toko mengandung banyak zat kimia berbahaya. Maka dari itu banyak orang yang beralih ke minuman sehat mirip jus buah ini. Jus buah juga memiliki banyak manfaat , salah satunya untuk menjaga kesehatan tubuh alasannya yaitu jus buah mengandung banyak gizi yang di butuhkan tubuh. Untuk orang yang sedang diet juga sangat indah mengonsumsi jus buah sebagai pengganti minuman ringan atau bahkan nasi.

9 Tips Sukses Memulai Usaha Jualan Jus Buah di Pinggir Jalan

Lantas bagaimana sih cara memulai urusan ekonomi yang satu ini , apa saja yang di butuhkan dan berapa kisaran modal yang di butuhkan? untuk lebih jelasnya simak saja tumpuan tips sukses perjuangan jualan jus buah berikut ini. Kami dari seribupeluang sudah menyediakan sekitar 9 langkah mudah memulai perjuangan ini.

9 Tips Sukses Memulai Usaha Jualan Jus Buah


1. Analisa Modal Awal

Berapa sih modal yang di butuhkan? sebenarnya bicara dilema modal tidak akan ada habisnya , mengingat modal itu tergantung dari jenis perjuangan yang di jalankan. Saran kami jikalau modal anda memang sedikit , maka alangkah baiknya jikalau memulai perjuangan dengan skala kecil. Untuk perjuangan jus buah sendiri yang di jalankan di pinggri jalan anda mampu membuka kios kecil-kecilan. Selanjutnya segala peralatan mulai dari blender , buah , susu , gelas , plastik , daerah duduk dan lain sebagainya. Mungkin dengan modal 2-5 jutaan saja sudah cukup.

Jangan terlalu pusing memikirkan modal awal , mulai saja dulu dari  yang kecil-kecilan. Barulah keuntungan di kemudian hari di gunakan untuk memperbaiki kualitas atau bahkan membuka cabang baru.

2. Lokasi Strategis

Pembahasan klasik tapi memang menentukan sukses tidaknya suatu usaha. Memilih lokasi perjuangan memang sangat penting , alasannya yaitu dengan lokasi yang sempurna perjuangan akan mudah di jangkau dan mudah menerima konsumen. Sesuai judul di atas lokasi yang terbaik ialah di pinggir jalan. Tentu tidak semua pinggir jalan memenuhi kriteria sebagai lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis disini ialah pinggir jalan yang ramai , dekat dengan keramaian semisal kampus , sekolah , GOR , terminal , taman kota , dekat pasar , dekat mall dan jalan raya yang memang banyak pejalan kaki malang melintang.

Sebagai catatan persaingan urusan ekonomi yang satu ini cukup tinggi , terutama di sekitar keramaian mirip kampus dan sekolah. Jika memang memungkinkan , carilah daerah yang strategis namun minim dengan pesaing.

3. Cari Stok Bahan Baku Berkualitas

Karena perjuangan yang satu ini di jalankan setiap hari dan buah-buahan merupakan bahan baku yang mudah membusuk maka anda harus pintar-pintar dalam memilih stok buah. Pastikan menerima buah segar setiap harinya , jikalau tidak habis simpan buah di daerah yang sejuk semisal lemari pendingin. Lakukan survei jikalau perlu , hal ini untuk membandingkan penjual buah yang satu dengan yang lain , pilihlah mana yang memiliki stok buah segar setiap harinya. Jika sudah menjadi langganan , tentu harga buahnya mampu lebih murah bukan?

4. Lengkapi Jenis Buah

Menjual jus buah dengan aneka macam buah tentu memiliki nilai konkret sendiri. Karena jikalau kita menjual jus buah dengan beberapa pilihan saja akan terasa kurang lengkap dan pembeli pun hanya pembeli yang menyukai buah tersebut. Karena mirip yang kita tahu tidak semua orang menyukai buah a , buah b atau c. Setiap orang memiliki "selera" sendiri-sendiri. Nah , dengan banyaknya varian buah yang di jual tentu konsumen mampu memilih mana buah yang sesuai dengan seleranya. Bahkan terkadang hari ini kita ingin sekali minum jus buah A , namun besoknya ingin jus B. Intinya semakin banyaknya varian yang di jual semakin baik.

Meskipun begitu ada baiknya anda mencoba terlebih dahulu selama beberapa hari. Mana buah yang paling laku dan jarang laku. Jika jus buah yang jarang laku mampu saja hapus dari menu dan konsentrasi ke buah yang laku atau mencoba buah lainnya.

5. Inovasi Rasa Jus Buah

Ada kalanya konsumen itu bosan dengan jus buah yang itu-itu saja. Hal tersebut wajar terlebih jus buah memang tidak semua orang menyukainya. Untuk itu anda harus cerdik dalam berinovasi dan berkreasi , semisal membuat menu spesial jus buah yang terdiri dari campuran buah a dan b. Namun pastikan sebelumnya jikalau campuran dari buah tersebut memiliki rasa yang spesial. Selain itu juga mampu membuat jus smoothies , jus yoghurt dan masih banyak lagi.

6. Gunakan Brand Sendiri

Saat anda ingin memulai perjuangan jus buah , yang tidak boleh terlewatkan yaitu nama brand dari perjuangan anda. Nama brand yang unik dan mudah di ingat menjadi nilai konkret sendiri untuk perkembangan perjuangan anda. Saat ini brand memang sangat penting untuk menunjang kualitas dan daya beli konsumen. Pilihan nama yang sempurna di sertai rasa yang nikmat akan membuat banyak orang menjadi palanggan setia anda.

Misanya saja untuk nama brand perjuangan anda yaitu "JUSKITA" , "JUSFRUIT" dan lain sebagainya. Selain untuk nama brand di gerobak atau kios yang tidak boleh terlewatkan yaitu gelas yang juga ada stiker dari nama brand kita. Dengan begitu pembeli akan ingat dan datang lagi jikalau suka.

7. Pilih Mesin dan Peralatan Berkualitas

Meskipun urusan ekonomi yang di jalankan memiliki skala kecil dengan modal pas-pasan , anda harus cerdik dalam memilih mana peralatan yang tepat. Memang rata-rata blender atau juicer yang berkualitas di bandrol dengan harga yang tinggi. Namun ada juga kok beberapa brand yang menjual blender dengan harga murah namun tetap mengedepankan kualitas. Karena dengan peralatan berkualitas , hasil jus akan berkaulitas pula. Secara tidak pribadi blender juga mensugesti kualitas dari jus baik rasa maupun warna.

Maka dari itu jikalau memang mampu membeli alat perlengkapan yang berkualitas kenapa tidak? toh dengan peralatan yang sudah teruji kita tidak perlu takut jikalau barang cepat rusak. Rusaknya pun pasti mudah mencari aksesorisnya.

8. Harga Yang Bersahabat

Tanpa di pungkiri , harga memang sangat menentukan. Dengan harga yang murah akan banyak calon konsumen yang tertarik. Jika anda ingin jus buah laris manis maka jualan jus dengan harga yang bersahabat. Memang dengan keuntungan 2-3 ribu per gelasnya terlihat sedikit sekali. Namun jikalau dalam hitungan hari anda mampu menjual hingga 100 buah anda mampu menerima keuntungan di atas 200 ribu/hari. Itu hasil yang sudah sangat banyak. Jika nanti brand anda sudah melambung , anda mampu membuat cabang baru di lokasi berbeda.

9. Perhatikan Kebersihan

Usaha masakan harus menjunjung tinggi kebersihan , apapun itu jenisnya tak terkecuali perjuangan jus buah ini. Kebersihan disini memiliki arti luas , tidak hanya sebatas daerah perjuangan saja. Namun juga kebersihan dari penjual(penampilan) , daerah perjuangan dan yang tidak kalah penting yaitu kebersihan jus buahnya.

Peralatan juga harus bersih , paling tidak anda harus membersihkan setelah menggunakannya atau bersihkan sebelum tutup. Yang yang kalah penting gunakan air yang bersih , terutama sebagai air yang di gunakan untuk jus. Gunakan merk air terkenal untuk lebih meyakinkan konsumen. Terakhir siapkan tong sampah di sekitar lokasi untuk memudahkan konsumen membuang barang. Tapi ingat , jangan hingga tong tersebut mengeluarkan bau yang tidak sedap.
Baca Juga : PT vs CV : Mana yang Layak Anda Pilih untuk Mengembangkan Bisnis?
Itulah beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam memulai perjuangan yang satu ini. Untuk kekurangannya mampu anda cari sendiri referensinya. Jangan lupa untuk share artikel ini ke sahabat dan teman-teman kalian. Cukup sekian biar bermanfaat berita Cara Memulai Usaha Jus Buah Bagi Pemula.

9 Tips Sukses Memulai Usaha Jualan Jus Buah di Pinggir Jalan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jez