Sabtu, 15 Juli 2017

Tips Membangun Kepercayaan Konsumen Dalam Berjualan Online

PeaceKeeper Online |

Tips Membangun Kepercayaan Konsumen - Kepercayaan merupakan sifat dasar yang sangat penting , dimana sifat percaya ini tidak muncul kecuali dengan bukti-bukti yang telah ada , begitu pula di dalam dunia urusan ekonomi , kepercayaan sangat di butuhkan terutama kepercayaan konsumen terhadap penjual barang. Pada umumnya , konsumen harus membayar terlebih dahulu ketika berbelanja online , baru barang di kirimkan ke alamat tujuan.

Yang menjadi problem yaitu barang tersebut di kirim atau tidak. Nah , disinilah tugas kepercayaan konsumen di butuhkan. Semakin percaya konsumen dengan penjual maka konsumen akan melaksanakan transaksi tanpa takut barang tidak dikirim. Maka dari itu kepercayaan sangatlah penting dan kita berusaha bagaimana cara menerima kepercayaan dari konsumen.

Tips Membangun Kepercayaan Konsumen Dalam Berjualan Online

Dengan kepercayaan lah konsumen mau membeli barang yang kita jual , ini pun tidak hanya berlaku untuk toko online , bahkan toko offline sekalipun. Maka dari itu mengapa kepercayaan sangat penting dan menjadi modal utama para pemilik toko online , sebab dengan kepercayaan konsumen lah barang dagangan mampu laris manis di pasaran.

Untuk menerima kepercaayan konsumen memang bukanlah hal yang mudah , sebab konsumen hanya mampu melihat barang yang di jual melalui foto atau maksimal sebuah video. Tentu saja konsumen tidak mampu melihat bentuk fisiknya secara eksklusif , dengan begitu konsumen tidak mampu melihat kualitas , jenis bahan , ukurannya dan lain sebagainya. Konsumen hanya memanfaatkan deskripsi produk yang di berikan atau eksklusif bertanya kepada penjual. Jika konsumen menyimpulkan toko online anda terpercaya , konsumen akan senag hati untuk bertransaksi , begitu pula sebaliknya.

Lantas bagaimana biar toko online terpercaya dan menjadi pilihan konsumen? berikut ini seribupeluang bagikan gosip tips membangun kepercayaan konsumen terhadap toko online yang mungkin mampu bermanfaat bagi kita semua.

Tips Membangun Kepercayaan Konsumen Dalam Berjualan Online


1. Bangun Website Toko Online Profesional

Saat pertama kali ingin belanja online , konsumen akan mencari toko online yang sesuai dengan barang yang di carinya. Setelah ketemu maka konsumen akan menuju situs tersebut untuk melihat barang yang di inginkan. Namun apakah anda tahu jikalau kesan pertama yang di perhatikan oleh konsumen yaitu tampilan toko online tersebut. Dengan tampilan yang mudah dan navigasi terang , konsumen akan nyaman dalam memilih barang.

Itu artinya tampilan yang profesional sangat di butuhkan. Konsumen biasanya juga melihat domain dari alamat website tersebut , dengan domain yang profesional konsumen paling tidak percaya jikalau website ini terpercaya. Usahakan jangan menggunakan domain gratisan ketika membangun toko online , konsumen ketika ini mengerti betul jikalau situs jual beli online dengan domain gratisan rawan dengan penipuan.

Intinya bagaimana konsumen mampu nyaman ketika memilih barang dan menu atau navigasi mampu di jalan masuk dengan mudah. Karena jikalau konsumen sudah betah berada di situs online anda dapat di pastikan presentase transaksi semakin besar.

2. Gambar Yang Jelas dan Original

Gambar barang wajib di sertakan ketika kita berjualan online , sebab tanpa gambar bagaimana konsumen tahu tampilan fisik barang tersebut , meskipun tidak melihat secara eksklusif , paling tidak dengan melihat gambar konsumen mampu tahu nantinya barang yang di beli mirip apa. Sebagai pemilik toko online ada baiknya anda mengambil gambar original  dari barang yang di jual. Foto barang menggunakan kamera yang cantik biar detail barang terlihat , pastikan juga untuk menyertakan gambar lebih dari 2 gambar yang di foto dari banyak sekali sisi , sebab semakin banyak gambar konsumen mampu melihat barang dari banyak sekali sisi.

Jika anda mengambil gambar dari toko online lain atau dari internet , maka ketika barang yang di kirim tidak sama dengan kondisi aslinya , konsumen akan protes atau minimal kesal dan tidak membeli lagi di toko online anda. Jika sudah yakin barang yang kita jual berkualitas , mengapa masih menyertakan foto palsunya. Sertakan saja foto aslinya , sebab kejujuran anda sangat di butuhkan disini.

3. Deskripsi Produk Jelas dan Lengkap

Selain menyertakan gambar yang terang dan original , anda juga harus menunjukkan deskripsi pada setiap produk yang anda jual. Berikan deskripsi dengan terang dan selengkap-lengkapnya. Dan jangan hingga anda salah dalam menuliskan deskripsi apalagi hingga berbohong. Semisal anda menjual smartphone dimana smartphone tersebut sebenarnya garansinya yaitu agen , namun biar konsumen lebih tertarik anda menunjukkan deskripsi dengan menyebutkan garansi resmi. Memang untuk 1 atau 2 transaksi akan ada konsumen yang tertipu , namun setelah itu konsumen tidak akan membeli lagi di toko anda.

Dampak terburuknya ketika konsumen menunjukkan testimoni , ketika mereka berkata toko ini menipu maka calon konsumen lain akan was-was dengan toko online anda.

Memberikan deskripsi yang lengkap dan terang mampu meminimalisir pertanyaan dari konsumen , sebab jikalau harga , ukuran , jenis , garansi , warna dan segala sesuatu yang di butuhkan sudah di berikan , konsumen tidak akan bertanya lagi , mungkin bertanya problem pembayaran dan lain sebagainya.

4. Mudah di Hubungi Konsumen

Saat konsumen tertarik dengan produk yang di inginkan , konsumen akan mencari kontak yang mampu di hubungi. Yakinlah disini konsumen sangat butuh fast respone dari anda. Jika konsumen bertanya pada jam 7 pagi , paling tidak anda sudah menjawab pertanyaan konsumen maksimal jam 8 , jangan hingga membuat konsumen menunggu lama untuk sekedar 1 pertanyaan saja.

Yang lebih penting pastikan konsumen mudah dalam mencari nomor atau media yang mampu mereka hubungi , letakkan di atas atau di samping situs yang penting jelas. Selain nomor telepon sediakan pula jenis media komunikasi lain semisal SMS , WA , BBM , Line , Email dan lain sebagainya.

5. Garansi Produk

Garansi produk merupakan salah satu bentuk tanggung jawab penjual yang mana konsumen sangat menyukai produk yang ada garansinya. Bukan sebab barang yang mudah rusak , namun untuk mengatisipasi ketika barang rusak atau terjadi problem di kemudian hari.

Memang tidak semua barang ada garansinya , mirip pakaian misalnya. Jika barang tersebut mirip smartphone maka garansi sudah otomatis ada.

Garansi yang di maksudkan disini yaitu garansi dari anda sendiri sebagai penjual , semisal garansi jikalau barang tidak hingga , garansi barang rusak atau cacat ketika hingga dan garansi salah produk. Dengan garansi tersebut paling tidak anda sudah menunjukkan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen. Tentu saja kepercayaan konsumen semakin meningkat jikalau anda menunjukkan garansi mirip ini.

6. Sertakan Testimoni Pelanggan

Memberikan halaman khusus yang berisi testimoni dari pelanggan yang sudah belanja merupakan hal yang cantik , sebab dengan adanya real testimoni dari pelanggan , konsumen mampu menilai bagaimana barang dan pelayanan yang anda berikan. Lebih cantik lagi jikalau testimoni barang berada sempurna di halaman barang tersebut , dengan begitu testimoni lebih sempurna sasaran dan konsumen pun mampu menilai dengan cepat.

Jangan ragu untuk menambahkan menu testimoni ini , jikalau memang pelayanan anda baik dan produk anda berkualitas , pasti adanya testimoni membuat toko anda semakin terpercaya.
Baca Juga : 9 Tips Memilih Lokasi Usaha Yang Startegis dan Menguntungkan
Itulah beberapa tips menerima kepercayaan konsumen di dalam dunia urusan ekonomi online , jikalau ketika ini toko online anda sudah profesional namun masih sepi transaksi , ada kalanya anda membuka toko di beberapa toko online besar mirip bukalapak dan tokopedia , sebab kedua toko online tersebut sudah terkenal kredibilitas dan di percaya banyak orang. Cukup sekian semoga gosip ini bermanfaat , terimakasih sudah membaca Tips Mendapat Kepercayaan Konsumen.

Tips Membangun Kepercayaan Konsumen Dalam Berjualan Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jez