Sabtu, 15 Juli 2017

8 Cara Jualan Online di Instagram Agar Laris Manis Untuk Pemula

PeaceKeeper Online |

Jualan Online di Media Sosial Instagram - Dunia internet beberapa tahun terakhir ini terus berkembang dengan pesat bahkan hingga ketika ini perkembangan tersebut masih terjadi , terlebih dengan jangkauan jaringan yang lebih baik membuat semua orang bisa mengakses internet. Maka dari itu tak heran kalau dengan hadirnya internet merubah banyak kebiasaan insan dalam kesehariannya. Internet kini tidak hanya sebagai kawasan mencari informasi , isu , streaming youtube , aktif di sosial media , sekedar browsing atau chattingan namun juga sudah beralih fungsinya sebagai ladang baru untuk menjembut rezeki. Bahkan dengan jumlah pengguna internet yang semakin banyak , bisa di katakan prospeknya tidak kalah dengan urusan ekonomi offline.

Banyak sekali cara yang bisa di lakukan oleh seseorang kalau ingin menambah pundi-pundi penghasilan secara online. Ada banyak sekali jenis urusan ekonomi online yang kini banyak di jalankan orang , sebagai pola ada yang menjadi blogger , penyedia jasa online , youtuber hingga jual beli secara online.

8 Cara Jualan Online di Instagram Agar Laris Manis Untuk Pemula

Menjadi blogger sendiri cukup sibuk , alasannya ialah harus mengurus blog secara terpola , tentunya dengan rutin mengupdate artikel dan menyajikan artikel fresh biar pengunjung betah. Admin sendiri sebagai seorang blogger mencicipi hal tersebut. Tentunya menjadi youtuber dan mengurus situs online juga membutuhkan kemampuan dan skill.

Tentu saja bagi anda yang malas menjadi blogger , tidak punya skill menjadi youtuber , tidak memiliki kemampuan untuk menyediakan jasa serta tidak memiliki cukup kemampuan dalam mengolah situs jual beli online bisa memanfaatkan media umum sebagai kawasan berjualan secara online. Selain facebook , ternyata ada meda sosial lain yang cukup efektif untuk berjualan secara online , yakni Instagram. Dengan menggunakan Instagram kini kita bisa berjualan online tanpa harus memikirkan situs web , domain dan hosting serta desainnya yang cukup menguras dana.

Aplikasi media umum Instagram merupakan kawasan yang cocok untuk berjualan online , hal tersebut tidak terlepas dari fitur yang ada di dalamnya , dimana dari dulu instagram fokus dengan Foto dan Video yang ketika ini terus di update dengan penambahan fitur sehingga Instagram tidak di tinggalkan para netizen. Dalam beberapa tahun belakangan ini , selain di gunakan sebagai kawasan membuatkan foto dan video , Instagram juga di gunakan sebagai sarana toko online atau online shop. Dimana ladang urusan ekonomi di Instagram cukup terbuka lebar dan bisa di manfaatkan banyak orang. Yang berjualan di Instagram pun bukan hanya brand baru saja , namun juga banyak brand besar yang memanfaatkan untuk berjualan atau minimal sebagai media promosi yang cukup efektif.

Meskipun begitu untuk mencapai jualan yang laris manis di Instagram memang tidak mudah , ada banyak hal yang perlu di lakukan. Bila kita jualan di toko faktual yang berbentuk fisik , kita bisa melaksanakan banyak sekali cara untuk menggaet pembeli , mirip promosi secara fisik mirip memasang banner , iklan di koran atau televisi lokal , menaruh papan diskon yang mudah terlihat dan berjualan di kawasan yang ramai. Dengan cara mirip itu paling tidak konsumen melihat apa yang anda lakukan dan kemungkinan besar mereka yang tertarik akan mampir ke toko tersebut dan membeli barang di dalamnya. Tentu sangat berbeda jauh dengan Instagram , yang mana kita tidak bisa menaruh banner dan peralatan promosi fisik lainnya. Yang perlu di lakukan ialah teknik dan seni administrasi jitu untuk menarik banyak calon konsumen.

Dan sebelum melanjutkan pembahasan cara jualan laris manis di Instagram , anda patut mengetahui bagaimana sih perilaku pengguna Instagram. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda ketahui wacana Instagram setelah di lakukan riset oleh sejumlah pakar.
#1. Indonesia merupakan negara ke 4 di dunia dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak di dunia
#2. Jumlah pengguna Instagram yang aktif terus meningkat 2 kali lipas dari tahun ke tahun di Indonesia
#3. Pengguna Instagram di Indonesia tergolong aktif , terbukti biasanya mereka sering mention sahabat pengguna Instagram lain di kolom komentar ketika ada sesuatu yang manarik baik di foto maupun video.
#4. 71% pengguna Instagram mengecek akun Instagramnya apabila sedang tidak sibuk , sedikitnya dalam 1 jam sekali.
#5. Pengguna Instagram 89% berada di usia produktif yakni 18-34 tahun dimana inilah usia yang paling sering belanja online.
#6. 63% pengguna Instagram ialah Perempuan.
#7. 45% pengguna Instagram sering membeli barang yang mereka lihat menarik.
Melihat hasil dan perilaku di atas , bisa di simpulkan kalau pengguna Instagram di Indonesia cukup aktif dan penggunanya cukup besar hingga 4 besar di Dunia , inipun setiap tahun terus berkembang pesat. Melihat hal tersebut bisa di simpulkan kalau kesempatan jualan di Instagram cukup besar dan potensial , setiap tahun terus meningkat sehingga semakin di mulai dari sekarang semakin baik.

Bagi anda yang ingin memulai berjualan online di Instagram atau bagi anda yang sudah lama berjualan di Instagram namun hasinya masih kurang memuaskan dan jauh dari kata laris manis bisa meniru cara yang di lakukan oleh Rico Huang , pengusaha muda yang meraih sukses di umurnya yang 20 tahunan saja. Memiliki banyak akun Instagram dengan jumlah follower sangat banyak. Berikut ini cara jualan di Instagram yang di lakukan Rico Huang tentunya dengan pemanis dari rujukan lainnya yang cukup ampun mendongkrak penjualan di Instagram terutam dalam menambah jumlah followers.

Cara Jualan Online di Instagram Agar Laris Manis


1. Membuat Akun Khusus Jualan

Jangan menggunakan akun pribadi untuk berjualan di Instagram , cara ini bukan tidak boleh , namun kurang efektif meskipun memiliki followers yang banyak. Buat akun baru dengan nama brand yang ingin anda branding. Dengan begitu calon konsumen akan lebih tertarik.

2. Mencari Follower Yang Banyak , Intip Rahasianya

Bukan hal yang umumn lagi , kalau penjualan suatu produk tergantung jumlah followers di Instagram. Maka dari itu setelah akun Instagram siap , yang perlu di lakukan ialah menambah jumlah followers. Untuk menambah follower dengan jumlah banyak dalam waktu relatif singkat ada caranya , pertama cari akun Instagram yang berjualan produk sejenis dengan produk yang ingin anda jual , yang paling penting akun tersebut juga banyak followersnya.

Langkah selanjutnya follow semua followers dari akun Instagram tersebut sebisa mungkin , semakin banyak semakin baik , lakukan saja secara bertahap , hal ini juga untuk keamanan akun anda , semisal sehari 500 akun , maka dalam 10 hari saja sudah menerima 5000 akun yang anda ikuti. Jika following sudah menyentuh angka 7500 , berikutnya kunci akun Instagram anda atau jadikan akun privasi. Dengan akun anda yang terkunci , otomatis orang-orang yang anda follow tadi menjadi penasaran dengan akun anda , tentu untuk bisa melihat foto atau video di akun anda mereka harus menfollback , dan kemungkinan besar banyak yang menfollback akun anda. Dengan cara mirip ini , anda bisa menerima banyak sekali follower secara bersih , cepat dan yang pasti aman.

3. Upload Foto Sebanyak Mungkin

Selain menfollows akun-akun hingga menerima target 5000 akun , ada hal lain yang perlu di lakukan , yakni dengan mengupload foto sebanyak mungkin , alasannya ialah saat-saat mirip ini akun anda masih sepi followers dan tentu tidak ada yang merasa terganggu dengan update foto besar-besaran yang anda lakukan. 

4. Perhatikan Kualitas Foto

Mengupate foto ke Instagram dengan keperluan jual online perlu foto yang bagus. Mulai dari kualitas foto , kecerahan , warna hingga background foto itu sendiri. Dengan foto yang terang , cerah dan detail maka calon pembeli semakin tertarik. Meskipun hanya menggunakan kamera smartphone , tidak boleh menyurutkan niat anda untuk mengupload foto dengan kualitas bagus.

Jangan lupa poles juga foto dengan cara mengeditnya , mungkin bisa menambah keterangan teks yang menarik , diskon atau kata-kata menjual lainnya. Yang tidak boleh ketinggalan , sertakan foto dengan kualitas HD , sebisa mungkin setiap foto yang di upload memiliki kualitas minimal HD.

5. Tambahkan Video Jika Perlu

Tidak ada salahnya untuk menunjang kualitas jualan , anda menambah video ke dalam akun jualan anda. Semisal video tersebut untuk merekam detail dari bahan atau barang yang di jual. Bisa juga video proses produksi barang biar calon pembeli tahu dan membuat akun anda semakin terpercaya.

Menambah video tentu membuat akun anda semakin manarik untuk di ikuti dan calon pembeli tidak hanya melihat foto , namun juga video yang tentunya ini nilai plus bagi anda anda.

6. Berikan Diskon

Memberi diskon merupakan sebuah cara efektif untuk menarik niat konsumen , apalagi perempuan , ketika melihat harga yang di coret dan di jual lebih murah akan pribadi mencari info wacana barang tersebut , kalau tertarik dan butuh , mereka tak segan-segan membeli barang tersebut.

Menjual barang yang lebih murah dari akun yang anda ambil followersnya merupakan langkah yang tepat. Foto yang nantinya kita upload bisa mencantumkan harga lama dan harga barunya , sertakan juga caption mengenai detail dari foto yang anda upload.

7. Berikan Caption Sedetail Mungkin

Memberikan caption atau keterangan di setiap foto yang kita upload sangat penting. Apabila kita mengupload foto maka caption wacana foto tersebut minimal harus di sertakan. Sebagai pola menjual baju , maka caption mirip ketersediaan warna , harga dan ukuran sangatlah penting. Jangan hingga mengupload foto dengan caption yang tidak terang dan caption yang membohongi. Semisal barang anda memiliki grade kw , namun anda ganti dengan original. Ini merupakan kesalahan fatal , mungkin konsumen tersebut tidak akan membeli lagi di toko anda.

8. Unfollows Akun Yang Tidak Aktif

Menurut Rico Huang , setelah kita menerima followers sekitar 1000 orang dan jumlah following masih 5000 maka lakukan unfollow untuk akun-akun yang tidak menfollback akun anda , juga akun bot atau akun yang sudah tidak aktif. Karena tidak seimbang kalau sebuah toko online memiliki banyak sekali following di bandingkan followers. Silahkan anda cek sendiri , kebanyakan akum Instagram toko online memiliki banyak followers dan hanya beberapa akun saja yang mereka ikuti.

Selain 8 cara jitu di atas , masih ada seni administrasi yang bisa di lakukan untuk meningkatkan penjualan dan membuat akun Instagram semakin ramai , berikut ini beberapa seni administrasi yang dapat di terapkan :

Strategi Jitu Untuk Mendongkrak Penjualan Instagram

#1. Gunakan foto profil akun Instagram dengan logo atau brand jualan anda di Instagram , jangan lupa juga untuk menambahkan kontak yang bisa di hubungi , mirip Telp , SMS , BBM , Line , Email dan juga WhatsApp. Semakin banyak kontak yang bisa di hubungi semakin baik , alasannya ialah konsumen bisa memilih dari kontak mana yang ingin dia hubungi. Ini semua di lakukan dengan tujuan menambah kepercayaan konsumen dan kenyamanan komunikasi konsumen. 
Baca Juga : Tips Sukses Promosi Via Sosial Media Untuk Pemula
#2. Sekali share foto bisa share di media umum lainya yang tertaut. Caranya cukup mudah yakni dengan cari di menu pengaturan dan klik pada akun tertaut , pilih akun media umum olshop lainnya yang sejenis , mirip Facebook dan Twitter. Dengan begitu ketika anda posting gambar di Instagram , di akun media umum lainnya yang sudah di tautkan akan ikut tershare juga. Cara ini tentu efektif untuk menghemat waktu.  

#3.Upload lah foto pada jam yang pas , yang paling baik ialah di jam-jam yang pada umumnya insan bangun , yakni mulai jam 4 pagi hingga sekitar jam 10 malam. Jangan upload tengah malam alasannya ialah hanya sedikit pengguna Instagram yang masih aktif , kebanyakan sudah tidur. Upload di jam-jam kerja dan jam awal malam merupakan waktu yang sempurna , alasannya ialah banyak orang yang aktif membuka Instagram di malam hari hingga menjelang tidur.

Tips Jualan Online di Instagram Menguntungkan

#4. Jangan lupa sertakan hastag di setiap memposting gambar baru , yang pasti masukkan hastag yang sesuai dengan produk tersebut. Sebagai pola saja kalau anda menjual sepatu , maka bisa memberi hastag #sepatumurah #sepatuadidas #sepatunike #sepatumurahjakarta dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan hastag akan membuat foto atau video yang kita upload di temukan orang yang mencari barang dengan mengsearch hastag tersebut.

Selain seni administrasi yang sempurna , ada beberapa tips jitu jualan online Instagram yang mungkin dapat di terapkan untuk menambah kualitas dari akun Instagram kita akan semakin terpercaya dan terbranding di mata pengguna Instagram , beberapa tips yang mungkin bisa di lakukan ialah :

Tips Untuk Mendongkrak Penjualan Instagram

#1. Jangan upload banyak produk foto bersamaan , alasannya ialah ini bisa menganggu followers anda , bisa jadi kalau merasa terganggu mereka akan unfollows akun anda. Berikan saja jeda , semisal dalam sehari maksimal 5 foto saja. Intinya harus konsisten update posting. Dan jangan hingga tidak upload foto dalam jangka waktu yang lama , alasannya ialah di khawatirkan calon pembeli menganggap akun Instagram kita sudah tidak aktif , calon pembeli pun takut transaksi dengan kita.

#2. Sesekali like atau komentari foto atau video followers anda , alasannya ialah dengan begitu mereka akan senang dan kemungkinan akan mengunjungi profil Instagram anda untuk sekedar melihat-lihat , like bahkan untuk membeli. Tentu cara ini bisa di lakukan untuk menambah keakraban anda dengan para followers.

#3. Jangan lupa jawab semua komentar yang masuk , usahakan on time kalau sempat , alasannya ialah biasanya yang komentar ialah mereka yang tertarik. Selain itu berikan layanan terbaik , kalau anda di hubungi baik melalui SMS , Email atau WA balas dengan cepat , jangan membuat calon konsumen menunggu , bisa jadi mereka sudah membeli produk dari toko lain kalau anda terlalu lama membalas.

#4. Jika perlu upload hasil transaksi , screenshot juga hasil chatting atau testimonial dari pembeli. Pilih dengan kata-kata yang indah dan ada unsur menjualnya. Jangan lupa untuk meminta testimonial dari pembeli , bahkan kalau perlu mintakan kepada pembeli tadi untuk mengpload foto di akun Instagramnya wacana produk yang tadi di beli.
Baca Juga : 8 Usaha di Bulan Ramadhan Menjelang Idulfitri Menjanjikan
Itulah beberapa cara , seni administrasi dan tips yang mungkin bisa mendongkrak jualan anda di Instagram. Jangan lupa untuk share artikel ini kalau bermanfaat , cukup sekian semoga bermanfaat dan dagangan online anda laris manis. Terimakasih sudah menyimak ulasan Cara Jitu Jualan Laris di Instagram.

8 Cara Jualan Online di Instagram Agar Laris Manis Untuk Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Jez Ferry